Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Cara Gila Promosi di Internet

Kamu telah mengawali sebuah bisnis online. Website toko online sudah dapat diakses dan memperlihatkan produk-produk yang dijual.

Setelah itu, saatnya anda mempromosikan website itu supaya bisa menghasilkan penjualan kesatu. Semakin ramai pengunjungnya, semakin besar kesempatan untuk menemukan pembeli.

Namun, sebagai pebisnis pemula, anda mungkin belum tahu strategi apa saja yang dapat diterapkan. Jika anda bingung, jajaki saja cara-cara promosi inilah ini. Ada 15 teknik yang tidak melulu jitu guna bisnis baru, tapi pun untuk bisnis lama.

1. Email Marketing
Mengirimkan email pemasaran masih ampuh guna mendapatkan pelanggan. Banyak orang tidak jarang kali terhubung dengan email di telepon genggam mereka, sampai-sampai email yang dikirim bisa jadi akan dibaca.

Untuk itu, manfaatkan data email yang anda punya guna menjalin komunikasi dan menghasilkan penjualan. Cobalah kirimkan email penawaran untuk konsumen baru atau menyapa konsumen lama yang telah memakai produk kamu.

2. Buat Blog
Buat laman khusus guna blog di situs toko online untuk menambah traffic. Kemudian, aktiflah mencatat hal-hal unik yang relevan dengan produk. Misalnya, andai kamu berbisnis pakaian, tulislah seputar fashion dan gaya hidup.

3. Search Engine Optimization
Memaksimalkan SEO pada situs toko online memang perlu waktu, tapi paling ampuh untuk membina lalu lintas web yang organik ke dalam situs.

Jika anda kurang paham, kamu dapat menggunakan jasa berpengalaman SEO. Mereka lebih tahu strategi SEO yang tepat untuk menciptakan situs anda berada di halaman kesatu mesin pencarian.

4. Siaran Pers
Mempublikasikan tulisan press release atau siaran pers mengenai bisnis anda di media online dapat menambah kredibilitas dan mencapai masyarakat luas yang belum mengenal bisnis kamu. Sehingga semakin tidak sedikit orang akan menggali tahu lebih lanjut mengenai produk kamu.

5. Review Produk di Blog
Selain mengantarkan siaran pers, anda juga dapat menghubungi semua blogger familiar untuk menemukan promosi. Karena mereka seringkali tertarik bila diantarkan sampel produk guna di-review secara cuma-cuma maupun berbayar di blog mereka.

6. Program Afiliasi
Buat program afiliasi marketing. Ada tidak sedikit orang yang hendak mendapatkan pendapatan tambahan melewati internet. Salah satu metodenya dengan mengekor program afiliasi guna mendapatkan komisi andai mereka sukses melakukan penjualan.

Sistem kerjanya di mana orang lain bakal mempromosikan produk jualan online anda dengan menyalurkan tautan eksklusif di media sosial atau halaman blognya. Melalui tautan tersebut, anda dapat melacak siapa yang mendorong penjualan.

7. Beriklan di Facebook
Ada seratusan juta pemakai Facebook di Indonesia. Banyak konsumen potensial di dalam media sosial terbesar tersebut. Cobalah beriklan di sana melewati Facebook Business Manager. Lalu, targetkan audiens yang akan menyaksikan iklan itu menurut lokasi, jenis kelamin, usia, minat, dan lain-lain.

Agar iklan Facebook anda terukur kinerjanya, pasanglah Facebook Pixel di situs toko online. Jika anda sudah punya situs toko online di SIRCLO, memasang Facebook Pixel lumayan dengan satu klik di admin panel. Selain bermanfaat untuk mengukur kinerja iklan, fitur toko online ini juga bermanfaat memasang Facebook Dynamic Ads supaya iklan mengindikasikan produk yang cocok dengan profil setiap penonton iklan.

8. Instagram
Gunakan Instagram untuk menyalurkan konten visual menarik, entah tersebut gambar atau video pendek tentang produk kamu. Kamu juga dapat melakukan endorsement dengan semua influencer supaya follower akunmu bertambah dan menemukan pelanggan baru.

9. YouTube
Buatlah video-video kreatif guna memancing penonton. Video dengan visual dan narasi yang baik, bisa menjadi viral dan bahkan menggugah minat orang-orang untuk menggali tahu lebih lanjut mengenai bisnis kamu.

10. Pinterest
Cukup tidak sedikit pemakai internet yang aktif di Pinterest. Mereka sering mencari-cari gambar unik untuk mendapatkan ilham atau merencanakan pembelian barang.

Untuk itu, usahakanlah unggah foto-foto produk anda yang berbobot | berbobot | berkualitas dan unik di Pinterest.

11. Facebook Shop
Jangkau lebih tidak sedikit konsumen dengan memakai Facebook Shop. Jika anda sudah punya situs toko online di SIRCLO, kamu dapat dengan gampang menambahkan Facebook Shop di Facebook Page bisnis melewati admin panel supaya konsumen dapat mengejar barang di Facebook Page anda dan langsung melakukan pembelian barang di website melulu dengan satu klik.

12. Referral Marketing
Referral marketing ialah istilah pemasaran word-of-mouth atau dari mulut ke mulut. Strategi untuk menciptakan orang-orang mereferensikan bisnis anda kepada orang lain.

Pada situs toko online, anda dapat merealisasikan referral marketing dengan teknik mempermudah orang-orang mengurangi tombol ‘share’, sampai-sampai konten mudah dibagikan

Supaya lebih menarik, anda berikan penawaran tertentu. Misalnya, menyalurkan voucher diskon untuk mereka yang berhasil merekomendasikan produk anda ke temannya.

13. Kemas Produk Kamu Sebagai Hadiah
Banyak orang bingung menggali hadiah atau kado yang tepat guna keluarga atau temannya. Mereka kerap mencari Google untuk mengejar referensi. Kamu dapat memanfaatkan urusan ini guna mempromosikan produkmu.

Jelaskan dalil kenapa produk kamu sesuai untuk dijadikan sebagai hadiah. Coba tuliskan dalam blog, sehingga dapat dibaca oleh siapa saja yang kebetulan membacanya sesudah menelusuri keyword tertentu di Google.

14. Kontes Berhadiah
Banyak orang suka dengan ajang kontes online berhadiah. Ini bisa jadi strategi unik perhatian pemakai internet. Awalnya, barangkali mereka melulu mengincar hadiahnya. Namun, mereka pun akan jadi tahu produk anda dan menolong menyebarluaskan informasi mengenai bisnis kamu.

15. Pop-Up Shop
Bisnis anda akan menemukan lebih tidak sedikit eksposur dengan membuka pop-up shop atau toko kecil sementara. Sehingga anda dapat berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Contohnya, membuka kios ketika akhir pekan atau hari cuti di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan.

Nah, itulah cara-cara kreatif dalam mempromosikan bisnis online. Selamat mengupayakan sejumlah strategi promosi di atas untuk mencapai konsumen online dari semua Indonesia.

Post a Comment for "15 Cara Gila Promosi di Internet"