Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buatlah skripsi pertama Anda


Menulis sebuah skripsi yang berkualitas adalah masalah yang umumnya sering dijumpai oleh para mahasiswa, sederhanyanya mereka tidak begitu tertarik untuk membuat sebuah tugas panjang yang melelahkan. Bagaimanapun ini adalah suatu keharusan bagi mahasiswa untuk membuat sebuah skripsi karena hal ini sebagai pra syarat untuk kelulusan mereka. selain dari tingkat menulis,yang menjadi  perhatian lain bagi sebagian mahasiswa adalah tingkat kualitas yang mereka perlukan untuk mengerjakannya. Pada perguruan tinggi, ada tiga tingkatan jenjang belajar.  Yaitu tingkatan sarjana, pasca sarjana/master dan doktoral. Oleh karena itu, jika Anda diminta untuk menulis sebuah skripsi, adakalanya Anda gagal dalam masuk kategori tingkat master atau doktoral. Dalam hal ini Anda masih perlu belajar dasar-dasar penulisan skripsi/tesis pada tiap tingkatan yang ada di perguruan tinggi.
Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan skripsi/tesis Anda karena ada beberapa kesamaan cara dalam penulisan skripsi di tingkat perguruan tinggi yang dapat diterapkan. Ini berarti bahwa apa yang telah Anda pelajari dari menulis riset di perguruan tinggi akan masih berguna dalam penulisan skripsi/tesis. Jika Anda tidak begitu mengenal dengan langkah-langkah dasar dalam penulisan skripsi/tesis, mari kita coba ingat ulang bersama.
Pada bagian pertama penulisan skripsi/tesis adalah menentukan sebuah topik, topik yang menarik dalam sebuah skripsi setidaknya harus menjadi penting dan berarti untuk pembaca. Dalam banyak kasus, penulis memiliki kemampuan untuk memilih topik, bagaimanapun juga Anda perlu berkonsultasi dengan pembimbing Anda untuk mengetahui apakah topik yang Anda pilih itu bagus atau tidak. Tentunya Anda juga harus mengevalusi kemungkinan dari subjek dan perhatikanlah apakah terdapat bahan  rujukan yang cukup untuk skripsi Anda.
Setelah Anda menentukan topik, tugas selanjutnya adalah membuat sebuah proposal penelitian/riset. Proposal menyajikan gambaran dari apa yang Anda perlukan untuk melakukan penelitian. Anda harus disetujui terlebih dahulu oleh pembimbing Anda, pada langkah ini Anda akan mendapatkan dukungan penuh dari orang lain yang benar-benar tahu cara mendapatkan persetujuan dengan masalah dalam penulisan skripsi/tesis.
Anda juga harus mengumpulkan bahan materi yang cukup untuk skripsi Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa penulisan skripsi/tesisi tidaklah mudah. Oleh karena itu berarti bahwa proses penilitian semudah membalikan telapak tangan. Jika Anda tidak akan menggunakan sepenuhnya bahan yang tersedia, selanjutnya Anda dapat memulai dengan menghubungkan sebuah percobaan. Cara ini Anda bisa sampai pada pengolahan data mentah. Akan tetapi sekali Anda telah mengutip skripsi orang lain maka pastikan bahwa Anda menyebutkan sumber kutipan di dalamnya.
Langkah selanjutnya adalah menuliskan bagian-bagian dasar dari skripsi, seperti Anda tahu semua skripsi/tesis harus mempunyai bab berikut ini: abstrak, kata pengantar, pendekatan pustaka,  metodologi, data dan analisis, interpretasi data dan kesimpulan, Anda juga pelu menambahkan sambul halaman depan, daftar isi, dan daftar pustaka. Setelah Anda sudah melengkapi semua bagian, silakan Anda koreksi skripsi/tesis Anda.

text sumber asli:
Build Your First Thesis
Writing a quality thesis is one of the major problems among college students. They are simply not very eager to compose a long and demanding project. However, it is lawyers necessary for a college student to build such a paper because it is a requirement for graduation. Apart from the levels of writing, another concern for many students is the level of quality that they need to undertake. In college, there are three basic levels of learning. These are the undergraduate, masters and PhD levels. Therefore, if you are required to write a thesis, you will probably fall into the category of masters or PhD. In any case, you still need to learn the basics in writing a thesis for any levels of education.
You should not worry about your thesis because the same procedures in writing a high school thesis will be applied. This only means that what you have learned from high school research writing will still be useful in writing a college paper. If you are not longer familiar with the basic steps of writing a thesis, then let us help you recall them.
The first part of thesis writing is selecting a topic. The topic of interest for the paper should at least be important and significant to the readers. In most cases, the writer has the power to choose a topic. However, you also need to consult with your adviser to see if the subject you have chosen is good. Of course, you also need to evaluate the feasibility of the subject and see whether there are enough reference materials for your paper.
After you have chosen a topic, your next goal is to build a research proposal. The proposal serves as the outline of what you need to do for the research. You need to have it approved by your adviser. This way, you will have the support of another person who knows how to deal with problems in thesis writing.
You also need to find enough materials for your paper. As you know, a thesis is not easy to write. Therefore, it means that the research process is not easy as well. If you are not going to use any of the materials available, then you can start conducting an experiment. This way, you can come up with raw data. However, once you have utilized another paper, make sure that you will cite it as your sources of info.
The next approach is to write the basic parts of the paper. As you know, all thesis need to have the following chapters: abstract, introduction, literature review, methodology, data and analysis, interpretation of data and conclusion. You also need to add a cover page, table of contents and bibliography. Once you have all these parts, you may proofread your Thesis.

Post a Comment for "Buatlah skripsi pertama Anda"