Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kombinasi Kecepatan Dan Percepatan

Terinspirasi dari The Power of Pretending, saya mencoba menipu otak saya, menghipnosis diri sendiri dan membalikan keadaan dengan sugesti “Saat ini saya dalam kondisi optimal, seperti engine baru, yang semua komponen dalam keadaan bagus, memiliki tingkat akselerasi dan speed yang sangat tinggi, kemampuan break and destroy procrastination dan kombinasi power turbo fast action yang sangat prima” apa yang terjadi? Buzz setidaknya saya tidak merasa underestimate lagi terhadap diri sendiri, ini adalah salah satu cara dari akselerasi perpindahan emosional agar tidak terlalu lama dalam keterpurukan, kebekuan dalam kesedihan yang dikarenakan sesuatu hal yang mungkin sangat membebani (sugesti dapat diubah sesuai dengan kondisi) dengan cara yang sederhana itu saya dapat memanipulasi kondisi dengan cepat dan optimal untuk mengembalikan keadaan saya seperti semula atau bahkan lebih powerful dari sebelumnya. Saya rasa STMJ itu tidak begitu mengkhawatirkan bahkan it’s simple tapi STMG (Semester Tujuh/Terakhir Masih Galau) ini yang cukup akut dan berbahaya, apalagi jika tidak memiliki konsep kombinasi kecepatan dan percepatan, siap-siap aja Last Assignment bakal nggak kelar-kelar, ingat yang disarankan disini adalah kombinasi bukan salah satunya saja karena kecepatan dan percepatan itu berbanding terbalik, percepatan yang tinggi selalu memiliki kecepatan yang rendah, dan kecepatan yang tinggi pun hanya menghambat fast break action diawal (lihat pada transmisi motor), jadi disini sangat disarankan untuk kombinasi keduanya, yang pertama fast break action setelah itu lari sekencang-kencangnya. say no to delay, say no to “slow but sure” karena fast itu lebih menyenangkan, kalau diumpamakan akselerasi/percepatan itu otak kanan yang bersifat imajinatif, temporal, short terms action, result oriented sedangkan speed/kecepatan itu otak kiri yang bersifat sistematis, logis, berurutan, lama, long terms action, process oriented. Ada orang yang memperdebatkan mana yang lebih penting antara result oriented dengan process oriented? Keduanya penting dan lihat alasannya diulasan sebelumnya, kombinasi keduanya akan jauh lebih powerful daripada dijalankan sendiri-sendiri. Langsung aja Penerapan konsep kombinasi kecepatan dan percepatan dalam kehidupan nyata, spesifiknya untuk mahasiswa akhir dan emang catatan ini sangat ditujukan dan dialamatkan khusus untuk saya sendiri:
  1. Decide Goal
Mulai dari yang dekat dan menyenangkan dulu baru proses goal sebelumnya missal, Line 1: wisuda, selesai sidang dengan baik, menyusun skripsi lebih cepat, PPL lancar dan dapat nilai A, UAS dapat nilai bagus semua, hari-hari menyenangkan. Line 2 : Gaji besar, kerjaannya mudah, diterima kerja, pesaing banyak tapi tetep diterima, melamar kerja, membuat lamaran. Line 3 : nama sesorang, menikah, lamaran, pacaran, nembak. Line 4: isikan sesuai keinginan seterah anda dan Ingat dalam decide goal buat seimajinatif mungkin (pake otak kanan) jangan bilang “ah kayaknya ngga mungkin??!!” kalau terus-terusan kaya gitu saya jamin deh gak bakalan berani membuat trobosan-trobosan baru sampai kapanpun.
 
2. Action Plan
Emang mau ngajar aja yang musti bikin action plan (baca: lesson plan)?? Mewujudkan goal dengan kecepataan dan percepatan pun harus dan mewajibkan kita untuk menyusun langkah-langkah untuk mencapainya, jangan lupai untuk memberikan tanggal dan waktu kapan anda akan meraihnya? Dengan begitu semakin anda menunda semakin jauh deh dari goal anda, dari sini kita akan mengetahui sifat dan karakter kita, serta harga/gaji yang pantas kita dapatkan, apakah kita termasuk orang yang suka menunda dan punya penyakit akut untuk menunda? Atau termasuk orang yang mendahulukan yang tidak penting sementara goal targets sudah dibuat, bersenang-senang itu boleh selama kita tidak melalaikan rencana action yang memang harus didahulukan, itu sebabnya dalam membuat action plan anda harus memiliki priority scale (skala prioritas :otak kiri) untuk mengetahui mana yang harus didahulukan.
 
3. Risk Management
Takut sama resiko? Takut gagal? Takut tidak berhasil? Skeptis? Merasa terbelenggu dengan perasaan yang tiba-tiba muncul menakut-nakuti dan berprasangka akan menjadi gagal? Percaya deh kalau ada kemungkinan gagal berarti ada peluang untuk berhasil (ilmu peluang) enaknya action itu tidak sama dengan judi, kalau gagal kita akan tahu cara yang bisa memberhasilkan, kalau berhasil kita akan tahu cara melipatgandakannya, kegagalan itu wajar dan memang harus ada yang terpenting bukan gagalnya tapi bangkitanya, jika anda gagal sekali maka harus bangkit dengan 1000 kali lipat semangat dari sebelumnya dan berani menggunakan cara yang baru anda temukan. Sebisa mungkin selalu memposisikan resiko kemungkinan gagal pada prioritas kedua dari pemikiran anda, yang utama adalah action, menyegerakan bertindak.
 
4. Spiritual Combination
Ini yang paling mantabz dan menjadi accelerator dan turbo speed, silakan dah coba kalau ngga percaya anda kombinasikan begini ME + GOD = Enough saya jabarkan begini ME : lakukan apa yang bisa sya lakukan  secara total seperti tidak akan ada yang dapat membantu saya kecuali diri saya sendiri. GOD : serahkan secara total hasilnya karena biar bagaimanapun innaka ‘ala kulli syain qadiir, semuanya ada pada kuasaNYA, authoritiNya tidak terbatas yang Maha menjadikan apapun yang tidak mungkin, itu sebabnya juga “Faidza azamta fatawakal ‘alaAllah” keren banget ya spiritual combination ini karena ME + GOD = Enough itu juga terinspirasi dari “Hasbunallah wani’mal wakil”yang mencukupkan Allah SWT sebagai satu-satunya Penolong terbaik.
Itu aja yang ingin saya sampaikan, catatan ini dikhusukan untuk saya, mengingatkan saya, meyakinkan saya dan menguatkan saya. Selain itu juga kepada siapapun yang membaca semoga menjadi bahan untuk inspirasi, silakan anda Copy paste ke note anda, blog anda, website anda, laptop anda, tapi jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya atau minimal menuliskan nama penulisnya.
Semoga dapat memetik manfaat dari catatan sederhana ini, semoga dapat mencapai goal anda, semoga apa yang anda minta kepadaNya segera dikabulkan, semoga semua mimpi menjadi nyata, semoga yang takut menjadi berani, semoga yang ragu menjadi yakin, semoga galau/sedih menjadi gembira dan ceria, semoga yang sakit menjadi sembuh, semoga yang sedang banyak masalah segera mendapatkan jalan keluar, semoga yang jatuh segera bangkit, semoga yang ingin menemukan belahan jiwanya segera dipertemukan..  Aamiin

Post a Comment for "Kombinasi Kecepatan Dan Percepatan"